Bentuk dan Nama Madrasah MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo



Bentuk sekolah ini adalah Madrasah Ibtida’iyyah (MI) dengan menerapkan standar MI  dari Departemen Agama dan kurikulum diknas, kemudian ditambah kurikulum khas Sekolah berupa kurikulum Tahfizh. Aplikasi dari kurikulum-kurikulum di sekolah ini menggunakan pendekatan Iman dan Adab. Pendekatan iman artinya semakin bertambah ilmu santri, maka semakin bertambah iman mereka. Begitu juga semakin bertambah ilmu mereka, adabnya semakin tertata.

MI tahfizh al-furqon memiliki keunggulan di hafalan, maka pembelajaran di MI Tahfizh al-furqon dilaksanakan dari pagi (07.00) hingga sore (14.00), lebih lama dibandingkan dengan sekolah MI pada umumnya.
MI Tahfizh Al-Furqon akan mendidik peserta didik usia SD/MI sesuai undang-undang pemerintah yaitu minimal berusia 6 tahun. Siswa akan dididik oleh guru MI Tahfizh al-Furqon dengan formasi satu kelas terdiri dari guru team teaching yaitu guru kelas dan guru al-qur’an. Guru kelas akan mengajarkan materi kurikulum nasional secara tematik. Sedangkan guru Al-Qur’an akan mengajarkan pendidikan agama islam (Bahasa Arab, Al-Qur’an hadits, Aqidah akhlak, SKI) dan tahfizh al-Qur’an.
Nama madrasah ini adalah MI Tahfizh Al-Furqon, yang mempresentasikan diselenggarakannya pendidikan MI dengan motto Sekolah Keluarga Pecinta Al-Qur’an dengan makna yang luas dan mendalam. Selain itu, MI Tahfizh al-Furqon juga memiliki jargon “Dewasa diusia belia” yang merepresentasikan bahwa anak usia belia akan memiliki kedewasaan dengan pemaknaan yang lebih luas.
Previous
Next Post »

Info bermanfaat

Adab Sebelum Ilmu

Adab Sebelum Ilmu