Sambutan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Tahfizh Al Furqon Ponorogo



Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirabbilalamin, Segala puji bagi Allah swt yang menguasai seluruh alam. Puji syukur senantiasa kita panjatkan atas segala nikmat yang diberikan kepada setiap hambaNya. Semoga kita termasuk hamba yang bersyukur. Aamiin. Sebagaimana janji Allah swt bahwa Allah swt akan menambah nikmat bagi orang-orang yang bersyukur.
 
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (QS. Ibrahim: 7)

Sholawat serta salam atas Rasulullah saw dan para pengikutnya. Semoga kita menjadi hamba Allah swt yang digolongkan sebagai ummat Rasulullah saw yang bertaqwa. Aamiin.

Bapak dan Ibu wali santri MI Tahfizh Al-Furqon yang dirahmati Allah swt,

Kami sampaikan selamat datang dan selamat bergabung di MI Tahfizh Al-Furqon Ponorogo, Semoga Allah swt memberikan kekuatan dan pertolongan kepada kita smua untuk mencetak generasi Islam yang hafizh Al-Qur’an, tangguh, beradab dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Kami berterimakasih dan memberikan penghargaan yang tinggi atas kepercayaan Bapak dan Ibu untuk mempercayakan Putra/Putri nya belajar di MI Tahfizh Al-Furqon Ponorogo. Semangat dan kepercayaan Bapak dan Ibu membuat kami semakin terpacu untuk memberikan pendidikan terbaik, tentu saja dengan semangat “Keluarga Pecinta Al-Qur’an”. Dan kami berharap agar Madrasah ini benar-benar mampu menjadi madrasah yang baik dan unggul utamanya dalam mencetak generasi yang cinta Al-Qur’an dan berakhlakul karimah. Karena sejatinya Madrasah ini adalah milik kita bersama.

Bapak dan Ibu wali santri MI Tahfizh Al-Furqon yang dirahmati Allah swt,

Madrasah ini mempunyai cita-cita untuk mencetak generasi yang cerdas, hafizh Al-Qu’an dan berakhlakul karimah. Tentu saja ini membutuhkan kerjasama antara pihak Madrasah dengan Bapak dan Ibu, karena menurut hasil penelitian, sekolah hanya mempunyai pengaruh 20-30 % saja, sedangkan sisanyadipengaruhi oleh Orang tua dan lingkungan. Maka dari itu, peran serta orang tua sangat diperlukan dalam mensukseskan pendidikan anak.
Peran serta orang tua yang kami maksud diantaranya yaitu orang tua :
1.      Memberikan makanan dan rezeki yang halal dan thoyyib
2.      Memberikan contoh dan keteladanan yang baik
3.      Membimbing dan meneruskan pendidikan dirumah
4.      Memotivasi untuk terus belajar dan menuntut ilmu
5.      Memotivasi anak agar taat kepada Guru
6.      Ikut mengawal pendidikan yang telah disampaikan dirumah
7.      Memberikan do’a minimal setalah sholat untuk kesuksesan anaknya
8.      Mengikuti pertemuan pekanan dan pertemuan bulanan
9.      Menyampaikan pesan khusus untuk perbaikan akhlak anaknya
10.  Menyampaikan kritik dan saran kepada pihak Madrasah
11.  Dll
Beberapa point diatas diantara bentuk dukungan orang tua dalam mengawal pendidikan anak di Madrasah ini. Tanpa adanya dukungan dari orang tua, jujur kami tidak mampu untuk mensukseskan program pendidikan anak Bapak dan Ibu di Madrasah ini. Kalaupun mampu hasilnya kurang maksimal. Maka dari itu peran serta orang tua sangatlah penting.

Sebagai penguat, berikut kami sampaikan perintah dari Allah swt bagi kita sebagai orang tua :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allâh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. [at-Tahrîm/66:6]

Semoga Allah swt menjaga diri kita dan keluarga kita dari api neraka. Aamiin. Selanjutnya, untuk menambah pemahaman kita tentang pentingnya pendidikan anak, Bapak dan Ibu diharapkan aktif dalam mengikuti program sekolah dan juga aktif untuk menambah ilmu tentang cara mendidik anak dan tentang ilmu agama. Bapak dan Ibu dapat membuka beberapa situs yang kami rekomendasikan untuk menambah pemahaman tentang berkeluarga diantaranya www.parentingnabawiyah.com, www.dakwatuna.com, dll. Selain itu, Bapak dan Ibu juga kami sarankan untuk membaca buku Sejarah siroh Nabawiyah. Semoga Allah swt memberikan kemudahan dan pemahaman. Aamiin. Sedangkan untuk informasi Madrasah dapat dikunjungi di blog madrasah http://sekolahtahfizh.blogspot.co.id.

Selanjutnya perlu kami sampaikan bahwa Madrasah ini ingin menghadirkan madrasah yang terjangkau dalam pembiayaan bagi orang tua, maka semua biaya yang diberikan kepada pihak madrasah dikelola untuk diberikan kembali kepada Santri. Sedangkan untuk gaji/kafalah Ustadz dan Ustadzah diambilkan dari dana Lembaga Amil Zakat BMM Al-Furqon, maka dari itu kami mengajak kepada Bapak dan Ibu bagi yang mempunyai kelonggaran rezeki untuk dapat menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya ke lembaga amil zakat BMM Al-furqon yang merupakan lembaga dibawah yayasan Al Furqon Ponorogo.

Terakhir, mohon do’a dan dukungan untuk kemajuan madrasah ini. Jika ada yang baik silahkan dibagikan kepada yang lain, dan jika ada yang kurang baik silahkan disampaikan kepada kami. Semoga Allah swt memberikan kemudahan dan pertolongan kepada kita semua. Aamiin.

Ya Allah bimbinglah kami
Ponorogo, 17 Juni 2016

Derit Vikiyono, M.Pd
Kepala MI Tahfizh Al Furqon
Dikutip dari buku Profile madrasah
Previous
Next Post »

Info bermanfaat

Adab Sebelum Ilmu

Adab Sebelum Ilmu