Tips dan cara melatih anak kecil agar kuat puasa 1 hari penuh

Bagaimana hokum anak kecil yang berpuasa? Dan bagaimana pula tipsnya untuk melatih anak kecil agar kuat berpuasa? Hal ini dijelaskan oleh Ustadz Amin Syachrowi, Lc dalam kajian tarkhib ramadhan bersama jamaah IKADI Ponorogo pecan lalu.

Tips dan cara melatih anak kecil agar kuat puasa 1 hari penuh

Kunci mendidik anak

Sebagaimana pengalaman beliau dalam mendidik anaknya, menurut beliau mendidik anak harus dikonsep sedemikian rupa sehingga anak menjadi seperti apa yang diharapkan oleh orang tua. Menurut beliau kuncinya ada TEGA+S, yaitu TEGA dan TEGAS. Tega salah satu contohnya adalah tega untuk mengajak anak berpuasa sejak diri. Dengan kata lain berani mengambil keputusan sejak dini agar anak berpuasa karena dengan puasa itu anak akan terlatih mengendalikan diri. Lalu apa dasarnya?

Dali mengajari anak berpuasa

Sebagaimana daam riwayat yang disampaikan oleh Rubayi’ binti Muawidz radhiallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus sahabat di pagi hari Asyura (10 Muharam) untuk mengumumkan, “Barang siapa yang sejak pagi sudah puasa, hendaknya dia lanjutkan puasanya. Barang siapa yang sudah makan, hendaknya dia puasa di sisa harinya.” Para sahabat mengatakan, “Setelah itu, kami pun puasa dan menyuruh anak-anak kami untuk puasa. Kami pergi ke masjid dan kami buatkan mainan dari bulu. Jika mereka menangis karena minta makan, kami beri mainan itu hingga bisa bertahan sampai waktu berbuka.” (H.r. Bukhari, no. 1960; Muslim, no. 1136)

Dalam hadits diatas terdapat petunjuk bahw memang anak kecil dilatih untuk berpuasa. Begitu juga daam riwayat bahwa Umar radhiyallahu ‘anhu berkata kepada orang yang mabuk-mabukan pada siang hari bulan Ramadhan, ‘Celaka kamu! Anak-anak kami yang masih kecil saja berpuasa!‘ Kemudian beliau memukulnya.” (Shahih Al-Bukhari, bab “Shaum Ash-Shibyan”, no. 1690). Ini menunjukkan bahwa anak kecil telah dilatih untuk berpuasa.

Tips melatih anak kuat puasa satu hari

Ustadz Amin menegaskan beberapa tahapan cara yang dapat diaplikasikan dalam rangka melatih anak-anak untuk berpuasa sehari penuh. Cara ini telah beliau laksanakan dan sukses. Ketika itu anaknya dilatih berpuasa 1 hari full. Anaknya puaa 1 hari full diusia sekitar 3 tahun. Terbayangkan? Bagaimana mengajari anak sekecil itu untuk berpuasa? Berikut tips nya.

Pertama, pahamkan anak tentang puasa

Sekitar 1 buan sebeum ramadhan, anak sudah mulai dikondisikan dengan puas. Anak dididik dan dipahamkan apa itu puasa. Cara menyampaikannyapun berbeda dengan orang dewasa. Untuk menyampaikan kepada anak ini, sebaiknya dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak memberatkan.
Ustadz AMin memberikan contoh, apa itu puasa? Beliau menyampaikan kepada anaknya bahwa puasa itu sebenarnya hanyalah mengubah waktu makan. Yang tadinya sarapan diubah sarapannya lebih pagi, sedangkan makan sore diubah ketika magrib datang. Lalu anak pasti akan bertanya, bagaimana dengan makan siang? Beliau menjawab bahwa makan siang diganti setelah tarawih. Ternyata cara ini efektif.

Kedua, jangan tidur setelah subuh

Pastikan anak tidak tidur seteah subuh. Selain ini merupakan sunnah dan perintah dari Rasulullah, ternyata ada hikmah lain bagi anak kecil yang sedang berpuasa. Kata Ustadz AMin jika anak tidak tidur setelah ubuh, maka anak akan tidur sekitar jam 9 atau jam sepuluh dan bangun-bangun sudah sholat duhur atau seteah dukur. Ini akan melalaikan anak dari makan siang.

Ketiga, mandikan anak

Bisa jadi disiang hari anak akan merasa letih dan haus. Maka dari itu, orang tua dapat memandikan anak agar anak segar kembali. Ini cukup membantu anak untuk kuat puasa 1 hari penuh.

Keempat, ajak anak-anak jalan-jalan atau dihibur dengan sesuatu yang disukai anak.

Berikutnya masih tersisa setengah hari, maka tipsnya sebagaimana dalam hadits diawal tadi, orang tua dapat menghibur anak dengan memberikan mainan dari bulu atau mainan apapun yang penting menghibur anak. Atau yang biasa dilakukan ole Ustadz AMin yaitu dengan mengajak anak jalan jalan.


Demikian beberapa hal terkait puasa untuk anak kecil, semoga bermanfaat dan jangan upa untuk dishare kepada yang lain, semoga menjadi amal ibadah untuk kita semua. Aamiin.
 
Ditulis Oleh : Derit Vikiyono, M.Pd 
 kabarsantri.com I Berita dari ponorogo kota santri
Previous
Next Post »

Info bermanfaat

Adab Sebelum Ilmu

Adab Sebelum Ilmu