Janganlah mendoakan kejelekan bagi anak-anak kalian, sayangi mereka

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Jabir ra dikisahkan tentang seorang laki-laki yang berada diatas ntanya. Semoga kita diberikan pemahaman oleh Allah swt untuk mengamalkan nasihat Rasulullah saw berikut. Aamiin.

Dari Jabir , ia berkata, “Kami pernah berjalan bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada satu peperangan, dan ada seorang laki-laki berada di atas untanya. Unta orang Anshar itu berjalan lambat kemudian orang Anshar itu berkata, ‘Berjalanlah semoga Allah melaknatmu.’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada orang itu, ‘Turunlah engkau dari unta tersebut. Engkau jangan menyertai kami dengan sesuatu yang telah dilaknat. Kalian jangan mendo’akan kejelekan bagi diri kalian. kalian jangan mendo’akan kejelekan bagi anak-anak kalian. Kalian jangan mendo’akan kejelekan bagi harta kalian. Tidaklah kalian berada di satu waktu jika waktu tersebut permintaan diajukan, melainkan Allah akan mengabulkan bagi kalian.”  HR Muslim 3009

Dari hadits diatas kita bisa mengambil hikmah diantaranya yaitu :
1. Jangan mendo’akan kejelekan bagi diri kalian.
2. Jangan mendo’akan kejelekan bagi anak-anak kalian.
3. Jangan mendo’akan kejelekan bagi harta kalian.
4. Jauhi melaknat apapun
5. jauhi mendoakan kejelekan kepada siapapun

Maka dari itu, mari kita jaga diri kita dan siapapun yang berada di dekat kita dengan cara mengatakan dan mendoakan kebaikan bagi mereka. Semoga ALlah swt memudahkan langkah kita untuk melakukan kebaikan. Aamiin.

Ya ALlah bimbinglah kami
Derit Vikiyono // MI tahfizh Al Furqon
telegram Channel @Kabarsantri https://goo.gl/ruU5Sd
Previous
Next Post »

Info bermanfaat

Adab Sebelum Ilmu

Adab Sebelum Ilmu