Begitulah pendidikan kita.

A + 1 = A1
A + ? = A2 
? = 2 tentunya
Begitulah pendidikan kita. 
Jika pendidikan yang selama ini kita jalani menjadikan orang seperti kita, maka akankah kita mengharapkan generasi kita masa datang (dengan tantangan jaman sekarang ini) sama dengan (menjadi) orang yg seperti kita? Atau kita berharap kualitas pendidikan anak kita lebih baik dari kita?
Jika mau lebih baik dari kita, maka kita harus merubah pola pendidikan untuk anak anak kita tidak seperti yang sekarang berjalan. Sebab kebanyakan yang sekarang berjalan ini masih sama dengan yang dulu menjadikan kita seperti ini.

Teori pendidikan berjalan terus sesuai problem, sehingga pendidikan kita hanya mampu (bahkan kadang tidak mampu) menjawab problem terkini, tanpa menciptakan model baru yang mengatasi akar problematikanya. Pendidikan hanya pesanan problema.
Ar ruju' illa al quran was sunnah. 
Kembalikan kepada bagaima alquran dan as sunnah mendidik generasi khoiru ummah pada masa itu. Bahkan ditengah kehebatan bangsa Romawi dan Persia, mereka pada akhirnya menggugurkan kehebatan kedua imperium itu.
Apakah kurikulum yg akan dilakukan oleh pakar pendidikan sekarang untuk mengalahkan China dan Amerika? Sedangkan kita masih mengekor pada pola pendidikan mereka. Bahkan kita hanya pandai menjadi pengguna produk mereka tanpa mampu menciptakan peradaban sendiri. Apalah lagi hendak mebgalahkannya .
Buka lagi al quran, pelajari. Buka lagi as sunnah, pelajari. Akan kita temukan sistem pendidikan terbaik, insyaalloh.

Oleh : Rohmadi, M.PI
Previous
Next Post »

Info bermanfaat

Adab Sebelum Ilmu

Adab Sebelum Ilmu