Adab yang kita maksud adalah iman.

Adab yang kita maksud adalah iman. Sehingga pengadaban yang dimaksud dalam pendidikan kita ini adalah usaha membuat peserta didik beriman kepada Alloh dalam hati, perkataan dan perbuatannya.

Metodologi pengadaban yang mudah adalah dengan meniru apa yang dilakukan oleh Nabi dalam merubah kondisi umat manusia yang dholal tanpa keimanan menuju kepada keimanan, yaitu dalam arkanul bi'tsah.



Untuk menyusun kurikulum yang baik, terencana dan tersusun rapi memang belum bisa karena usaha pendidikan kita ini masih baru. Tetapi dengan menggunakan langkah nabi dalam arkanul bi'tsah itu bisa dengan mudah mengambil langkah awal.

Metode pertama adalah Tilawah. Metode kedua adalah Tazkiyah. Metode ke tiga adalah Ta'lim al Quran dan as Sunnah. Metode ke empat ta'lim al 'uluum al 'Aam.

Sementara kita belum punya pedoman baku terstruktur mengenai kurikulum pendidikan iman ini. Maka untuk tingkat dasar kita bisa ambil materi Tilawah dengan Tilawah dan Tahfizh. Lalu untuk Tazkiyah kita belajar degan menggunakan panduan kitab aqidah dan Tazkiýatun nafs.  Untuk belajar syariat bisa diajarkan dengan menggunakan panduan kitab fikih, Siroh Nabi, dsb.

Model pembelajaran yang paling sederhana adalah mengikuti model teachers centre learning. Dengan usaha pelan2 membuat model yang lain.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
21 April 2018 05.31 ×


It's a pity you don't have a donate button! I'd without a doubt donate to this excellent blog! I suppose for now i'll settle for bookmarking and adding your RSS feed to my Google account. I look forward to fresh updates and will share this site with my Facebook group. Talk soon! paypal mastercard login

Congrats bro Berthold Hanisch you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Info bermanfaat

Adab Sebelum Ilmu

Adab Sebelum Ilmu